Kopi Merapi

kopi-merapi-khas-jogja-1
kopi merapi – banyak sekali orang-orang di indonesia yang gemar meminum kopi,bahkan ada yang bilang kalau sehari ga minum kopi,rasanya ada yang kurang.waw!! di indonesia,selain aceh yang begitu terkenal akan kopinya,ternyata jogja juga engga mau kalah lho. walaupun identik dengan kota gudeg dan bakpi ,tapi jogja juga memulai produksi kopi nya yang diberi nama kopi merapi. kopi asli dari jogja ini ada di lereng Gunung Merapi, tepatnya 7 kilometer dari puncak Gunung Merapi.
memang namanya belum begitu populer dengan kopi di daerah lain yang sudah lebih dulu terkenal.tapi kalian harus cobain deh kopi merapi ini.pada awalnya  pemasaran kopi merapi ini dipasarkan oleh petani kopi secara sendiri-sendiri,itulah mengapa belum maksimal dalam penjualannya. barulah pada 2004 dibentuk Asosiasi Petani Kopi Kabupaten Sleman kemudian kegiatan pemasaran dibawah kendali Kelompok Usaha Bersama (KOB). awal pemasarannya hanya menitipkan kopi merapi ini ke beberapa  kedai kopi sajanamun seiring berjalannya waktu, orang sudah mengenal kopi ini dan permintaan semakin meningkat lalu banyaklah yang memesan secara langsung. setelah 3 tahun,tepatnya pada tahun 2007 kopi  merapi ini mendapatkan SNI award untuk produk Arabica Merapi dan Robusta Merapi.
setelah sukses mengembangkan kopi asli jogja ini,tepatnya pada tahun 2010 terjadi erupsi merapi yang membuat perkebunan kopi menjadi rusak dan tidak bisa berproduksi lagi. setelah melalui musibah yang pada waktu itu cukup dahsyat, para petani pun berusaha membangkitkan lagi perkebunan teh yang hancur diterjang awan panas dari merapi. mereka pun berhasil kembali memprosukdi kopi merapi ini,namun ada yang berubah dengan sistem pemasarannya yaitu mereka menjadikan Hotel dan restoran di jogja yang menjadi target marketnya. dan sampai saat ini kopi merapi masih tetap eksis dan bisa dinikmati olehberbagai kalangan.
jika kalian yang berencana untuk berlibur di kota jogja,jangan lupa ya untuk mencicipi kopi merapi ini. untuk kalian yang ingin menikmati kopi ini langsung dari tempat pembuatannya,datang saja ke warung kopi milik Samijo sang perintis Kopi Merapi  yang terletak Kampung Petung, Desa Kepuharjo Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. dengan udara yang cukup dingin di lereng gunung merapi,sangat cocok sekali kalau kita sambil ngopi-ngopi sambil menikmati pemandangan merapi yang begitu menawan.





Bagaimana? tertarik untuk menikmati kopi merapi khas jogja yang diproduksi dari lereng gunung merapi ini?




0 komentar:

Posting Komentar

Kopi Merapi