Cimpa , Makanan Khas Suku Karo- Sumatra Utara

LEZAT DAN NIKMAT

Kali ini Noesantarafood mau cerita tentang makanan khas salah satu suku di Sumatra Utara, Batak Karo. Di suku ini ada sebuah tradisi yang disebut pesta tahunan atau bahasa lainnya Kerja Tahun. Nah, katanya pesta tahunan ini dilakukan setahun sekali untuk merayakan panen tanaman di daerah tersebut. karena daerah yang banyak dihuni suku Karo ini adalah daerah pertanian.

Dalam acara ini, ada satu jenis makanan khas yang selalu dan wajib ada. Yaitu CIMPA. Cimpa selalu menjadi teman untuk meramaikan Kerja Tahun. Ini adalah sejenis kue yang dikukus.
Mau tau cara membuatnya ?
Yuk , kita lihat.

Bahan-bahan:

a. Bahan Adonan
  1. 1/2 kg tepung ketan atau bisa diganti dengan ketan hitam
  2. 240-400 ml santan
  3. garam
  4. daun singkut
  5. minyak kelapa
b. Bahan Inti
  1. 1 bh kelapa agak muda, kupas, parut
  2. 1/2 kg gula merah, sisir
  3. 2 sdm gula pasir
  4. 2 lb daun pandan
  5. 1/2 sdt garam
  6. 100 ml air
Cara membuatnya :
  • Untuk membuat inti cimpa, nyalakan api , lalu rebus air. Masukkan juga gula merah, gula pasir, daun pandan dan garam hingga mendidih.Aduk-aduk terus hingga air gula mengental dan berbuih-buih. Lalu masukkan kelapa parut, aduk-aduk lagi hingga kelapa matang.
  • Setelah itu ,campurkan tepung ketan, garam, dan tambahkan santan sedikit demi sedikit. Hingga adonan ketan cukup bagus untuk dibentuk.
  • Siapkan daun singkut yang sudah diolesi dengan minyak. Ambil 2 sdm adonan ketan lalu isi tengahnya dengan unti kelapa. Selanjutnya , lipat dan bungkus seperti membuat kue lepet.Selesaikan semua adonan dengan cara ini.
  • Kukus cimpa sekitar 30 menit atau hingga matang. Lalu jadilah cimpa yang diinginkan

Penggunaan daun singkut dapat diganti dengan daun pisang , tetapi akan menyebabkan perubahan rasa dan aroma. Cimpa yang khas itu dibungkus dengan daun singkut.
Mungkin makanan ini terlihat sama dengan kue lepet. Tetapi , seketika memakan ini kesan khas karo akan sangat terasa karena hanya terdapat di saat Kerja Tahun dimulai.



0 komentar:

Posting Komentar

Next Posting Lama
Cimpa , Makanan Khas Suku Karo- Sumatra Utara